Olly Dialog dengan Tenaga Kesehatan RSUP Kandou
_

27 Apr 2020 12:20

MANADO—Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE menyempatkan diri berdialog dengan petugas kesehatan yang bertugas menangani pasien Covid-19 di RSUP Kandou via video conference, Senin (20/4). Olly-sapaan akrabnya, didampingi first lady Sulut Ir. Rita Maya Tamuntuan.  Sedangkan tenaga kesehatan terdiri dari Ketua Tim Medis Pandemi Covid-19 Dokter Agung Nugroho SpPD KPI, dr Efata Polii SpPD, Prof Dr Linda Rotty Danes SpPD KHOM dan tenaga medis lainnya.

Pada kesempatan itu, Olly mendengarkan langsung penjelasan dari tenaga kesehatan terkait protokol yang diterapkan di rumah sakit tersebut untuk menangani Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan pasien positif terpapar Covid-19. Termasuk protokol untuk mencegah dan menanggulangi wabah virus Corona di bumi Nyiur Melambai. Selain itu, tenaga kesehatan juga menyampaikan permohonan agar Alat Pelindung Diri (APD) bisa ditambah untuk mengantisipasi kebutuhan di waktu mendatang. Juga perlunya rumah singgah bagi para tenaga kesehatan. 

Terkait dengan itu, Olly mengaku mendengarkan dengan seksama perjuangan dari tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam memerangi Covid-19. “Pemerintah akan menyiapkan semua keperluan tenaga medis. Saya sudah mendengarkan dan langsung ditindaklanjuti,” ungkapnya. Dia juga mengatakan, pada saat itu ikut memberikan dukungan moral kepada tenaga kesehatan. “Saya memberi apresiasi yang tinggi kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang semaksimal mungkin. Mohon doa dari warga Sulut agar dokter dan perawat dan petugas kesehatan lainnya juga merasa aman dan terlindungi,” jelasnya. 

Khusus untuk rumah singgah, Dokter Agung memberikan masukan kepada Gubernur Sulut, agar disiapkan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19 gejala ringan. “Jadi memang rumah singgah yang ada di Bandiklat kita sudah siapkan itu untuk perawatan rumah sakit pasien ringan. Karena semua peralatan yang ada di rumah sakit umum daerah yang belum digunakan kita akan pindahkan semua ke situ sehingga bisa melakukan perawatan pasien Covid yang ringan dan sedang,” beber Olly sembari menyampaikan akan menyediakan rumah singah untuk tenaga kesehatan. Sedangkan menyakut APD, dikatakan Olly, Pemprov Sulut telah mengantisipasi dengan mengadakan APD tambahan. “Tetap kita siapkan terus supaya pelayanan berjalan dengan baik dan tidak ada kekuatiran dari para medis,” tukasnya. Selain APD, Pemprov Sulut juga tengah menyiapkan laboratorium PCR dan ventilator. (red)


Sumber: DKIPS Prov. Sulut

Berita Lainnya
_